PANU aka Ptiariasis versikolor

  • termasuk dermato-mikosis superficialis
  • penyebabnya : Malassezia furfur atau Pityrosporum orbiculare
  • gejalanya bersifat ringan, menahun, tanpa keluhan gatal
  • penyakit kronis, asimptomatis, biasanya penderita sering mengeluh bercak-bercak hipopigmentasi pasca peradangan yg memerlukan waktu cukup lama untuk pulih walau penyakitnya telah sembuh; bercak hipopigmentasi ini muncul karena sifat toksik jamur tehadap pembentuk melanin dan juga adanya asam azelat yg berkompetisi dalam pembentukan melanin dari tirosin, bisa diatasi dengan pembeiran obat yg sensitif thd sinar matahari
  • Gambaran Klinis :
  1. bercak-bercak bisa teratur/tdk teratur ; berbatas tegas, tapi kadang bisa difus
  2. warnanya putih, hitam, coklat merah, atau kuning coklat
  3. diatas lesi terdapat skuama halus
  4. lesi tersering ditemukan didaerah badan berlemak
  • Pemeriksaan :
  1. PX sediaan langsung larutan KOH 20%
  2. akan terlihat elemn jamur dnegan konfigurasi hifa pendek + spora berkelompok  (meatball and sphagetti configuration
  3. lesi-lesi kulitnya berfluoresensi warna kuning keemasan bila dilihat dalam kamar gelap dibawah lampu WOOD
  • Pengobatan
  1. infeksi muncul bila ada faktor predisposisi, seperti: kelembapan kulit, kulit yg berlemak, keadaan epidermal cell turn over rate yg lambat, spt sakit kronis/pengobatan kortikosteroid, amlnutrisi, genetik
  2. Setelah diusahakan menghilangkan faktor predisposisi, dilakukan pengobatan medisinal
  • salap Whitfield
  • Larutan tiosulfat natrikus 20-25%
  • sulfur prepitatus–> losio kummerfeldi
  • haloprogin
  • tolnaftat dan tolsiklat
  • sampo selenium sulfida 2,5%
  • propilen glikol 50-100%
  • obat golongan imidazol, spt: mikonazol, isokonazol, tiokonazol, ketokonazol; bisa oral maupun topikal
  • Naftifin HCL
  • siklopiroksolamin

Sumber: Infestasi Jamur, Dr.Unandar Budimulya

Katanya bisa diobati dengan bawang putih atau jeruk nipis, juga belerang, itu untuk obat tradisionalnya… untuk mekanismenya mengapa bisa masih dicari tahu😉

About shamdiyah

Just an ordinary girl... Hehehe... lagi sibuk bawa Sobotta kemana-mana (cuma dibawa tapi...) Eh, gak lupa bawa robin kumar, dan kawan sebangsanya deh.. Pengin bisa membahagiakan ortu yg udah sangat luar biasa amazing-nya buat ku... Gak lupa buat adekku tersayang bangga... hehehe... Orang introvet... Ceh! Yang maleeeeessss banget! Paling benci ama : Menunggu!!! Grrrr! Juga sama istilah "berenang terus tapi gak pernah sampai ke tepian" Please, deh! Finally, saat ini aku pengin banget bisa lulus dan jadi dokter yang solehah dan membantu banyak orang! Amin!

Posted on Juli 8, 2012, in Imun dan Kulit, Jamur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: